Anggaran Ngehotel SKPD Soppeng di Tengah Efisiensi

Ilustrasi

DBS NEWS, SOPPENG – Terdapat 13 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Soppeng yang masih menganggarkan belanja sewa hotel selama tahun 2025 atau di tengah efisiensi anggaran saat ini.

Hal itu berdasarkan data Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (SIRUP LKPP) yang diakses Jumat (10/10/2025).

13 satuan kerja ini yaitu Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD), Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda).

Kemudian Sekretariat Daerah, Dinas Kesehatan (Dinkes),  Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Selanjutnya Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM (DPPK-UKM), dan Inspektorat Daerah.

Disdikbud menjadi satuan kerja dengan alokasi anggaran sewa hotel terbesar yaitu mencapai Rp1,18 miliar, kemudian BKPSDM dengan Rp313 juta, Dinkes Rp269 juta, dan Bakesbangpol Rp198 juta.

Anggaran paket belanja tersebut seluruhnya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Soppeng tahun anggaran 2025.

Untuk lebih lengkapnya, berikut kami tampilkan rincian paket belanja sewa hotel masing-masing SKPD tersebut :

BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA
• Belanja Sewa Hotel Sub Kegiatan Sosialisasi dan Penyebaran Informasi Jabatan Fungsional ASN Rp116.800.000
• Belanja Sewa Hotel Sub Kegiatan Pengelolaan Assessment Center Rp3.300.000
• Belanja Sewa Hotel Sub Keg Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Bagi Pimpinan Daerah, Jabatan Pimpinan Tinggi, Jabatan Fungsional, Kepemimpinan dan Prajabatan Rp193.500.000

BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK
• Sewa gedung dan banngunan ( Pelaksanaan tugas Paskibraka ) belanja sewa hotel/kamar paskibraka Rp198.000.000

BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH
• Belanja Sewa Hotel Kegiatan Sosialisasi, Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Rawan Bencana Kabupaten/Kota (Per Jenis Ancaman Bencana) Rp900.000

BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN, PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DAERAH
• Belanja Sewa Hotel Peserta Workshop Koordinasi penelaahan Dok.Perenc. Pemb. Daerah dgn Dok. Kebijakan Lainnya Rp70.400.000
• Belanja Sewa Hotel narasumber Kegiatan Workshop Penyusunan RPJMD dan Renstra Rp5.600.000
• Belanja sewa hotel Koordinasi pelaksanaan sinergitas harmonisasi perenc.pemb.daerah Bid.Pembangunan Manusia Rp3.450.000
• Belanja Sewa Hotel Koordinasi Pelaksanaan Sinergitas harmonisasi Perenc.Pemb. Daerah Bid.Perekonomian Rp1.700.000
• Belanja sewa hotel Koordinasi pelaksanaan Sinergitas harmonisasi Perencanaan Pemb. Daerah Bid.Infrastruktur Rp 1.700.000
• Belanja sewa hotel Tim Narasumberkoordinasi penyusunan dan penetapan Dok. Perenc.Pemb. Daerah kab/Kota Rp2.700.000

SEKRETARIAT DAERAH
• Belanja Sewa Hotel (Bagian Adm Pembangunan) Rp3.050.000
• Belanja Sewa Hotel Sub Kegiatan Fasilitasi Pengelolaan Bina Mental Spiritual (KESRA) Rp10.500.000
• Belanja Sewa Hotel Sub Kegiatan Pelaksanaan Kebijakan, Evaluasi dan Capaian Kinerja terkait Kesejahteraan Sosial (KESRA) Rp17.500.000
• Belanja Sewa Hotel Sub Kegiatan Pelaksanaan Kebijakan, Evaluasi dan Capaian Kinerja terkait Kesejahteraan Masyarakat (KESRA) Rp3.850.000
• Belanja Sewa Hotel (Fasilitasi Pelayanan Publik dan Tatalaksana) Rp1.100.000
• Belanja Sewa Hotel (Peningkatan kinerja dan RB) Rp1.100.000
• Belanja Sewa Hotel (Koordinasi dan Penyusunan LAKIP) Rp1.100.000
• Belanja Sewa Hotel (Penerimaan Kunjungan Kerja Pejabat Negara) Bagian Umum dan Protokol Rp70.950.000

DINAS KESEHATAN
• Belanja Sewa Hotel – Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Ibu Bersalin Dinkes Rp450.000
• Belanja Sewa Hotel – Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Balita Dinkes Rp 450.000
• Belanja Sewa Hotel – Pengelolaan Pelayanan Kesehatan pada Usia Produktif Dinkes Rp450.000
• Belanja Sewa Hotel – Pengelolaan Pelayanan Kesehatan pada Usia Lanjut Dinkes Rp900.000
• Belanja Sewa Hotel – Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Penderita Hipertensi Dinkes Rp900.000
• Belanja Sewa Hotel – Peningkatan Mutu Pelayanan Fasilitas Kesehatan Dinkes Rp450.000
• Belanja Sewa Hotel Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Gizi Masyarakat Dinkes Rp900.000
• Belanja Sewa Hotel Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinkes Rp1.950.000
• Belanja Sewa Hotel Pengelolaan Pelayanan Kesehatan Tradisional, Akupuntur, Asuhan Mandiri, dan Tradisional Lainnya Dinkes Rp1.350.000
• Belanja Sewa Hotel Pelayanan Kesehatan Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinkes Rp900.000
• Sewa Hotel Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat Dinkes Rp450.000
• Belanja Sewa Hotel Pengendalian dan Pengawasan serta Tindak Lanjut Pengawasan Perizinan Rumah Sakit Kelas C, D dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Lainnya Dinkes Rp900.000
• Belanja Sewa Hotel Penyiapan Perumusan dan Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Rujukan Dinkes Rp900.000
• Belanja Sewa Hotel Pengembangan Mutu dan Peningkatan Kompetensi Teknis Sumber Daya Manusia Kesehatan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota Dinkes Rp258.800.000

DINAS LINGKUNGAN HIDUP
• Belanja Sewa Hotel Sub Kegiatan Pendampingan Gerakan Peduli Lingungan Hidup Rp1.400.000

DINAS PARIWISATA, KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA
• Belanja Sewa Hotel Rp105.000.000
• Belanja Sewa Hotel Rp2.200.000

DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG
• Belanja Sewa Hotel Sub Kegiatan Pelatihan Tenaga Kerja Konstruksi Kualifikasi Jabatan Operator, Teknisi atau Analis Rp11.900.000
• Belanja Sewa Hotel Sub Kegiatan Pembinaan Tertib Usaha, Tertib Penyelenggaraan, dan Tertib Pemanfaatan Produk Jasa Konstruksi Rp4.150.000

DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, PERLINDUNGAN ANAK, PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA
• Belanja Sewa Hotel Sub Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Penyediaan Layanan Rujukan Lanjutan bagi Perempuan Korban Kekerasan Kewenangan Kabupaten/Kota Rp16.750.000
• Belanja Sewa Hotel Sub Kegiatan Koordinasi Pelaksanaan Layanan AMPK Rp25.650.000

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
• Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah – Belanja Sewa Hotel Rp427.500.000
• Penyediaan Biaya Personil Peserta Didik PAUD – Belanja Sewa Hotel Rp85.000.000
• Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah – Belanja Sewa Hotel – Survey Kepuasan Masyarakat Tahun 2025 Rp20.250.000
• Pembinaan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah – Belanja Sewa Hotel – Workshop / Pelatihan Penyusunan Rencana Kerja Anggaran dan Penatausahan Sekolah Rp657.000.000

DINAS PERDAGANGAN, PERINDUSTRIAN, KOPERASI DAN UKM
• Belanja Sewa Hotel Kegiatan Koordinasi , Sinkronisasi , dan Pelaksanaan Pembangunan Sumber Daya Industri Rp3.150.000

INSPEKTORAT DAERAH
• Belanja Sewa Hotel (Koordinasi, Monitoring dan Evaluasi serta Verifikasi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi) Rp132.600.000
• Belanja Sewa Hotel (Reviu Laporan Kinerja) Rp2.200.000
• Belanja Sewa Hotel ( Pendampingan dan Asistensi Urusan Pemerintahan Daerah) Rp6.600.000

Penulis : Idham

Komentar